KOMPAS.com Kompas.com kembali menggelar kegiatan #MelihatHarapan Bike. Kali ini, acara bertajuk #MelihatHarapan Bike Pangandaran 2021 yang digelar Sabtu (9/1/2021).

Acara yang sekaligus digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-25 Kompas.com itu turut dihadiri mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) yang juga merupakan pemilik dari Susi Air yaitu Susi Pudjiastuti dan tim internal Kompas.com.

#MelihatHarapan Bike Pangandaran 2021 pun tak hanya gowes, tetapi juga memberi dampak positif bagi daerah yang didatangi.

Dampak positif itu salah satunya dengan menyalurkan bantuan dari donasi pembaca Kompas.com yang dilakukan melalui penggalangan donasi melalui Kitabisa.com.

Baca juga: Tahun Baru Harapan Baru, Kompas.com Selenggarakan #MelihatHarapan Bike Pangandaran 2021

Demham demikian, kegiatan tersebut menjadi bukti bahwa keadaan seperti ini bukan penghalang untuk tetap dapat melakukan kegiatan produktif dan sosial guna berkontribusi membantu sesama manusia, selama dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan.

Jalannya #MelihatHarapan Bike Pangandaran

#MelihatHarapan Bike Pangandaran dimulai bersepeda dari Pantai Batukaras menuju Cijulang, Kecamatan Parigi. Kegiatan ini dimulai oleh tim internal Kompas.com sejak pagi untuk menghindari kerumunan.

Sesampainya di sana, tim internal Kompas.com secara simbolis memberi bantuan pangan 10.000 porsi bagi pihak yang membutuhkan dan juga penyaluran donasi jaringan internet dan buku untuk Taman Baca Masyarakat (TBM) Nusantara di Kecamatan Cigugur.

Ilustrasi Pangandaran - Pantai Pangandaran.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Pangandaran – Pantai Pangandaran.

Donasi itu penting dalam masa pandemi seperti ini ketika sekolah tidak lagi bisa dilakukan secara tatap muka.

“Adanya bantuan ini menjadi sebuah solusi bagi anak-anak yang sebelumnya tidak bisa belajar secara online,” kata pengelola TBM Nusantara bernama Anjar.

Setelah selesai dengan kegiatan penyerahan donasi pangan dan pendidikan di Cijulang, Kecamatan Parigi, tim internal Kompas.com melanjutkan gowes menuju Pantai Pangandaran dan menemui Susi Pudjiastuti beserta tim.

Baca juga: #MelihatHarapan Bike Pangandaran 2021 Berbagi Kebaikan Menebar Optimisme Melalui Bersepeda

Selanjutnya, perjalanan berlanjut menyusuri Pantai Barat untuk melihat UMKM, destinasi favorit Pantai Pangandaran dan berakhir di Beach Street Susi Air di Pamugaran, Pangandaran. Acara pun berakhir di sana.

Adapun, #MelihatHarapan Bike yang diselenggarakan Kompas.com tidak terhenti di Pangandaran saja, tetapi akan berlangsung ke lokasi yang memerlukan bantuan, yakni Blora, Trenggalek dan Banyuwangi.