KOMPAS.com – Foto Bukit Sibea-bea di Harian Boho, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara sempat ramai diperbincangkan warganet beberapa pekan lalu.

Sebab, kawasan tersebut menawarkan pemandangan jalur berliku yang menghadap langsung ke Danau Toba dan perbukitan hijau dengan rimbunan pohon asri. Warga pun kerap berfoto-foto di jalur tersebut.

Kendati demikian, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan mengimbau agar masyarakat tidak berkunjung ke Bukit Sibea-bea untuk sementara waktu.

Baca juga: Bukit Beta Tuktuk Samosir, Bisa Piknik di Atas Puncak Bukit

“Akses jalan itu menuju obyek wisata patung Yesus. Saat ini perkiraan masih dalam proses pembangunan kurang lebih 40-50 persen. Jadi belum rampung. Sampai saat ini sebetulnya belum dibuka untuk umum,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (29/1/2021).

Adapun, Bukit Sibea-bea tadinya merupakan perbukitan yang tidak memiliki akses kendaraan sebelum adanya pembangunan obyek wisata religi.

Namun, saat ini 15 hektar kawasan sudah dikelola, sehingga pembangunan jalur pun telah rampung sekitar 2,8 kilometer termasuk jalur berliku yang tengah viral saat ini.

“Jalan yang kalau difoto dari atas, ada kurang lebih lima kelokan. Itu persis di lokasi obyek wisata,” tutur Dumosch.

Belum boleh masuk, tapi…

Meski pihaknya melarang masyarakat untuk berkunjung ke Bukit Sibea-bea agar pembangunan tidak terganggu, namun Dumosch tidak menampik bahwa beberapa pengunjung diizinkan untuk masuk.

Pihaknya pun sudah mengimbau para petugas yang berjaga untuk tidak mengizinkan wisatawan memasuki kawasan wisata tersebut.

Tangkapan layar foto milik akun Instagram @anugerahabdi_ yang memperlihatkan jalur berliku di Bukit Sibea-bea yang merupakan kawasan wisata religi Patung Yesus Kristus, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (dok. Akun Instagram @anugerahabdi_).dok. Akun Instagram @anugerahabdi_ Tangkapan layar foto milik akun Instagram @anugerahabdi_ yang memperlihatkan jalur berliku di Bukit Sibea-bea yang merupakan kawasan wisata religi Patung Yesus Kristus, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (dok. Akun Instagram @anugerahabdi_).